Sabtu, 11 Januari 2014

Tarian tradisional yang berasal dari Indonesia bagian Barat

Negara Indonesia memiliki tarian - tarian tradisional yang khas di setiap daerahnya. Tarian yang unik dan memiliki ciri khas serta makna tersendiri di tiap tarian daerah masing - masing. Kali ini disini akan di bahas seputar tarian tradisional yang berasal dari Indonesia bagian Barat, berikut :
Tarian tradisional yang berasal dari Sumatera
Tari Piring
 
Tari piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang, adalah salah satu jenis Seni Tari yang berasal dari Sumatra Barat yaitu masyarakat Minangkabau disebut dengan tari piring karena para penari saat menari membawa piring.
Pada awalnya dulu kala tari piring diciptakan untuk memberi persembahan kepada para dewa ketika memasuki masa panen, tapi setelah datangnya agama islam di Minangkabau tari piring tidak lagi untuk persembahan para dewa tapi ditujukan bagi majlis-majlis keramaian yang dihadiri oleh para raja atau para pembesar negeri, tari piring juga dipakai dalam acara keramaian lain misalnya seperti pada acara pesta perkawinan.

Tari Tor Tor

Tor tor adalah tari tradisional Suku Batak.
Gerakan tarian ini seirama dengan iringan musik (magondangi) yang dimainkan menggunakan alat-alat musik tradisional seperti gondang, suling, terompet batak, dan lain-lain.
Menurut sejarah, tari tor tor digunakan dalam acara ritual yang berhubungan dengan roh. Roh tersebut dipanggil dan "masuk" ke patung-patung batu (merupakan simbol leluhur).
Tarian tradisional yang berasal dari Jawa
Tari Topeng
 
Berkembang di daerah malang tepatnya didaerah Jabung, Jatiguri, Banjarsari, Kedungmonggo. Drama tari wayang topeng pada  umumnya menggelar cerita tentang Panji.Didaerah Madura terdapat wayang topeng yang disebut dengan  Topeng Dalang dengan cerita Mahabarata.Didaerah Situbondo tepatnya di Kraksaan dan Panarukan  dikenal dengan nama wayang Kerteh, nama ini disesuaikan dengan nama dalang wayang topeng sekitar tahun 1930 yaitu Kartosuwignyo.
Tari Merak

Tari merak lebih dominan nuansa kegembiraan nya, sehingga tak heran jika tari merak juga sering dipakai dalam acara penyambutan tamu serta dipergunakan untuk mengiringi pengantin menuju pelaminan dalam acara pernikahan adat sunda. Tari merak ini memang terinspirasi dari keindahan burung merak, karenanya dinamakan tari merak. Para penari nya menggunakan kostum beraneka warna yang memang menjadi ciri khas daripada burung merak ini. selain itu, setiap penari juga dipasangi sebuah mahkota yang menyerupai sebuah kepala merak.
Tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan 
Tari Manang

Merupakan tari penyembuhan yang terdapat  pada seluruh masyarakat Dayak. Tari ini berfungsi sebagai penolak/penyembuh/penangkal penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali. Tarian ini merupakan bagian dari upacara adat Balian.
Tari Pingan

Merupakan Tarian Tunggal pada masyarakat Dayak Mualang kabupaten Sekadau yang pada masa kini sebagai tari hiburan masyarakat atas rezeki/tuah/makanan yang diberikan oleh Tuhan. Tari ini berkaitan erat dengan penerimaan/penyambutan tamu/pahlawan.
Itulah beberapa informasi tentang tarian tradisional yang ada di Indonesia bagian Barat.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar