Sabtu, 04 Januari 2014

Baju adat di Indonesia bagian Barat

Negara Indonesia memiliki baju adat yang khas di tiap - tiap daerah. Dan kali ini kita akan membahas seputar baju adat di Indonesia bagian Barat. Berikut macam - macam baju adat di Indonesia bagian Barat :

Model baju adat sumatra/sumatera pernikahan

Baju adat sumatera utara

Baju adat sumatera barat

Baju adat sumatera selatan

Baju Adat Jawa Tengah dan Busana Adat Tradisional Daerah Jawa Tengah
Gambar Baju Busana Adat Jawa Tengah
Pakaian adat tradisinoal Jawa tengah bisa Anda lihat pada gambar yang ada di atas. Yang sudah sangat terkenal sebagai pakaian tradisional Jawa Tengah adalah pakaian kebaya, meskipun di daerah lain seperti yogyakarta dan provinsi lain juga ada kebaya, tapi tetap ada ciri ciri sendiri mengenai corak dan motifnya.
Baju Adat Jawa Barat dan Busana Adat Tradisional Daerah Jawa Barat
Gambar Baju Busana Adat Jawa Barat
Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan ber-ibukota di Kota Bandung. Kalau melihat budaya jawa barat melalui Pakaian Tradisional  yang ada di provinsi ini, pakaian tradisional daerah Jawa Barat memiliki beragam busana dan di golongkan menjadi pakaian rakyat biasa, Pakaian Kaum Menengah, Pakaian Bangsawan/Menak, Pakaian Mojang dan Jajaka serta pakaian pengantin.
Baju Adat Jawa Timur dan Busana Adat Tradisional Daerah Jawa Timur
Gambar Baju Busana Adat Timur
Jawa Timur sebuah provinsi di sebelah timur pulau jawa ini memiliki pakaian adat yang di sebut dengan mantenan. Pakaian Tradisional Jawa Timur ini umumnya di kenakan pada saat ada upacara perkawinan oleh masyarakat di Jawa Timur. Kalau di lihat sekilas pakaian dari daerah Jawa Timur ini hampir mirip dengan Pakaian Adat Jawa Tengah.
Baju Adat Yogyakarta dan Busana Adat Tradisional Daerah Yogyakarta
Gambar Baju Busana Adat Yogyakarta
Yogyakarta terkenal sebagai kota budaya dan kota pelajar. Karena daerah ini masih kental dengan adat istiadatnnya, maka pakaian tradisional yogyakarta tak lepas dari busana sehari-hari, khususnya yang ada di lingkungan keraton Yogyakarta. 

Model baju adat kalimantan

Baju adat kalimantan

Baju adat kalimantan barat,timur,selatan,tengah

 Dengan berbagai macam model baju adat diatas maka semakin menguatkan bahwa begitu beragamnya warisan budaya yang dimiliki oleh bangsa indonesia. Kita sebagai masyarakat yang baik sebaiknya selalu ikut turut serta dalam mengembangkan baju adat di daerah masing-masing agar supaya perkembangannya tidak kalah dengan baju-baju yang berasal dari luar negeri.

3 komentar: